Minggu, 28 November 2010

Tuna Macaroni au Gratin

Today, I totally get rest...

Seminggu yang cukup padat, tapi seneng bisa memenuhi setiap permintaan (baca: pesanan) teman2.
Hari ini, tiba2 keingetan menu waktu masih kerja di rig, ... TUNA MACARONI AU GRATIN. Apa salahnya bikin untuk makan malem bareng keluarga.

Buat yang penasaran pengen coba, ini dia resepnya...




Macaroni Au Gratin

Bahan:
120 gram long macaroni, dibagi 3
200 gram daging ayam/sosis ayam .... kali ini aku ganti dengan ikan tuna dalam kaleng, tiriskan air
½ buah (75 gram) bawang Bombay
¼ sdt (1 gram) pala
2 sdt (10 ml) anggur putih ... boleh ditiadakan bila tidak suka
1½ sdm (20 gram) keju parmesan ... di rumah ga ada, aku pake cheddar cheese adja
1 sdm (15 gram) mentega cair
½ sdt (2,5 gram) lada
1 sdt (5 gram) garam

Bahan Saus Putih:
3 sdm (45 gram) mentega
3 ½ sdm (50 gram) tepung terigu
2 cangkir (500ml) susu cair

Cara Membuat:

1.      Siapkan panci, isi dengan air panas dan diberi sedikit garam, masak air hingga mendidih. Masukkan macaroni, masak selama ± 13 menit. Angkat makaroni yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin, tuang ke atas saringan, lalu tiriskan. Tambahkan sedikit minyak, aduk rata agar macaroni tidak lengket.
2.      Daging / sosis ayam yang sudah dipotong kecil, diberi garam daevel1 lfo1; tab-stops: list .25in; text-inden lada. Bawang bombay dicincang halus-halus.
3.      Masukkan mentega dan bawang bombay di penggorengan, tumis selama ± 3 menit. Sesudah itu, masukkan daging ayam dan kalau sudah matang dagingnya, siram dengan anggur putih.
4.      Masukkan mentega di penggorengan lainnya, oseng-oseng macaroni yang telah direbus. Sesudah itu taburi dengan garam, lada, dan pala, lantas campur dengan tumisan bawang dan daging ayam.
5.      Saus putih: panaskan mentega di dalam penggorengan hingga mencair, masukkan tepung terigu lalu dioseng. Kemudian angkat penggorengan dari atas api, masukkan susu murni sambil diaduk-aduk. Masak kembali di atas api sambil terus diaduk hingga merata, beri garam, lada, dan penyedap, bila suka. Masak hingga saus matang dan siap untuk digunakan.
6.      Ambil ⅔ bagian saus, campur dengan macaroni dan daging ayam yang sudah matang. Taruh di dalam pinggan tahan panas yang sudah dioles mentega. Tuang ⅓ bagian saus putih ke atas macaroni, ratakan. Taburi dengan keju parmesan dan tepung panir. Kemudian masukkan ke dalam oven  selama 15 menit hingga bagian atas macaroni kuning keemasan. Keluarkan dari oven dan macaroni siap dihidangkan.

Nah, kalo dah nyoba... jangan lupa undang2 untuk icip2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar