Sabtu, 23 Oktober 2010

Nastar (Ananas Tartjes)

Kita sering mengenalnya dengan N.A.S.T.A.R..... Tapi, kata oma, nama sebenarnya Ananas Taartjes (kira2 kalo diartiin mini tart/pie nanas kali yaaaaa.....betul ga oma????)

Apa lah arti sebuah nama, kata orang bijak. Tapi kuker (baca: kue kering) yuang satu itu tetap adja eksis di hari2 besar -seperti: Lebaran, hari Natal & Tahun Baru. Kalo dulu, kita biasa menikmati kue kering ini 'hanya' di hari2 special, tapi sekarang kapan saja kita bisa menikmatinya.

katanya berasal dari ANANAS TAARTJES
nastar, satu dari kue kering yang masih eksis smp hari ini

Saya lebih suka bikin selai nanas sendiri, daripada beli yang sudah jadi di toko2 bahan. Pertama, pastinya bisa pilih nanas yang bagus, mateng, dan punya aroma yang kuat. Kedua, kayaknya lebih bisa ngatur adja -'taste'-nya, tekstur dan kepekatannya. Aku biasa menambahkan sedikit kayu manis dan cengkih untuk bikin rasa selai nanas-nya lebih nendang. Tapi, inget guys .... jangan sampe terlalu dominan.

Masalah 'cookies dough'-nya -seperti biasa, dibuat dari mentega, gula, sedikit garam, telur (biasanya pake kuning telur adja), dan tepung terigu. Ada yang menambahkan susu bubuk, tepung maizena, dan essence untuk menambah rasa dan menghasilkan tekstur kue kering yang berbeda2. Di sinilah letak perbedaan satu produsen kue kering dengan lainnya. Yang satu teksturnya lebih pulen, yang lainnya lebih nge-prollll. Tergantung selera konsumen lah. Bahkan, ada juga yang menambahkan keju parut untuk menambah rasa, jadinya NASTAR KEJU seperti salah satu item cookiesnya the Cesco's ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar